Kembali Ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5
Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco Kampung Pendidikan Sungai Panco vKampung Pendidikan Sungai Panco

Kampung Pendidikan Sungai Panco

Desa Muara Panco Barat Merangin Jambi

Berawal dari niat baik untuk mengabdikan diri didunia pendidikan, Yayasan Kampung Pendidikan Sungai Panco yang  Konsep awal adalah oleh Mohd Khalid, dan Rekan-rekannya Zawil Kirom, S.Pd.I, Halib Mawardi, Maulana Ikbar, A. Rahman, Rini Lestari, Ahmad Tarmizi, S.Pd.I, Muhammad  memiliki formula pendidikan yang khas yaitu dengan mengkombinasikan unsur Kampung dengan pendidikan secara terpadu.

Sistem ini memungkinkan terbentuknya Kampung yang berbasiskan pendidikan  baik pendididkan umum dan agama dengan tetap dilandasi oleh kemampuan spiritual yang memadai. Di samping hal itu, Pengurus juga difasilitasi dengan mendidirikan pendidikan formal dan non formal seperti ketrampilan khusus seperti komputer, , bahasa Arab dan Bahasa inggris, teknisi dan lain-lain. Tidak berhenti di sini, Yayasan Kampung Pendidikan Sungai Panco pun begitu mengedepankan pendidikan entrepreneurship, dengan mendirikan wadah dan komunitas yang bergerak dibidang kewirausahaan diantaranya Perikanan , peternakan dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan agar kemampuan wirausaha masyarakat dan siswa dapat terasah dengan matang dan siap guna, baik secara teoritis maupun praktis.

 Secara praktikal, kegiatan Kampung pendidikan Sungai Panco dilangsungkan dengan jaminan bebas biaya bagi seluruh peserta didik santri telah mencapai jumlah ± 200 santri. Pemebasan biayapun tidak terbatas hanya pada kebutuhan pendidikan, namun juga pada pemenuhan kebutuhan sarana prasarana, asrama, kesehatan dan lain-lain. Dengan dibina oleh 60 staff pengajar mulai dari pendidikan diselenggarakan dengan satuan pendidikan formal dari tingkat PAUD, SPS, RA MIS, MTs.

Dalam mekanisme pelaksanaanya, para donatur menawarkan jenis bantuan sarana infrastruktur Sarana Pendidikan kepada pihak yayasan. Kemudian saat pihak yayasan telah menyepakati, maka seluruh kegiatan pembangunannya yang meliputi pemilihan arsitek, kontraktor, bahan bangunan dan pembiyayaan lain sepenuhnya diserahkan kepada donatur selaku penyandang dana. Adapun yayasan hanya menjalankan amanat penggunaan bangunan tersebut yang secara utuh berstatus wakaf, sehingga secara hukum, fasilitas tersebut tidak dapat dialihfungsikan untuk kepentingan lain, selain sebagai penunjang kesuksesan belajar Siswa.

Hingga tahun 2015, Yayasan Kampung Pendidikan Sungai Panco telah memiliki sejumlah properti yang berupa sarana pendidikan berupa Gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang mana gedung tersebut masih semi permanen.

Dalam proses pencarian bentuk dan penciptaan formula pendidikan Kawasan Kampung Pendidikan, Pendiri yayasan dan pengurus yang begitu inspiratif menemukan konsep pendidikan yang dinamis dan selalu relevan dengan zaman. Sedangkan  masyarakat adalah penentu utama arah kebijakan pendidikan umum yang mendukung konsep dan menciptakan berbagai inovasi baru bagi Kampung Pendidikan Sungai Panco. Dengan demikian, karakter pendidikan terbangun apik dengan sinergis yang saling melengkapi satu sama lain. Inilah yang menjadi alasan tak terelakkkan bagi tercapainya berbagai prestasi akademik Yayasan Kampung Pendidikan Sungai Panco.

2.    Tujuan Program Yayasan Kampung Pendidikan Sungai Panco

1.    Mewujudkan model Pemberdayaan Masyarakat sebagai pusat kajian sekaligus rujukan model pemberdayaan masyarakat di Desa Muara Panco Barat guna mengembangkan potensi sesuai dengan masalah, kebutuhan dan karakteristik Daerah.

2.    Terwujudnya suatu wilayah yang berbasis pendidikan dan pemberdayaan masyarakat yang teratur, sistematis dan fungsional.

3.    Mengembangkan pola pengelolaan lembaga pendidikan dan usaha ekonomi produktif yang memberikan proses pembelajaran  SDM di Desa dalam sebuah wadah pengembangan wilayah kampong pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

4.    Memperoleh inovasi terhadap program dunia pendidikan dan pemberdayaan masyarakat yang diprioritaskan pada peningkatan sumberdaya manusia, pengembangan usaha, dan penataan lingkungan yang sesuai dengan  potensi dan arah pengembangannya.

Pengunjung

054224
Hari Ini
Kemaren
Minggu Ini
Total
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total Pengunjung
26
220
773
51894
3727
3588
54224

Your IP: 54.156.92.243
2017-11-24 00:11

Link Terkait

Copyright © 2017 Sungai Panco Rights Reserved.